Memperindah tampilan interior mobil pasti diinginkan oleh setiap pemilik mobil, agar ketika berkendara terasa nyaman, dan juga memiliki nilai estetika atau tampilan tersendiri. Mengganti jok atau pelapis jok mobil salah satunya, yang bertujuan agar tampilan interior mobil terlihat lebih cantik.

Namun tak hanya dari tampilan nilai gunanya pun harus diperhatikan juga agar saat Anda mengendarai mobil dapat tetap duduk dengan nyaman. Banyak sekali bengkel jok yang jual kulit jok mobil dengan berbagai jenis bahan dan kualitas, maka dari itu Anda harus hati-hati dalam menentukan pilihan. Berikut tips memilih cover jok mobil.

Bahan Jok Mobil

Pengetahuan tentang jenis jok adalah hal pertama yang harus didapatkan sebelum memilih jok mobil. Jenis jok mobil yang ada dipasaran pada umumnya terbagi menjadi dua yaitu jok kulit asli dan jok kulit sintetik. Dari namanya, jok kulit asli menunjukkan bahwa jok kulit tersebut terbuat dari kulit asli yang biasanya adalah kulit sapi, sedangkan jok kulit sintetik terbuat dari bahan kulit sintetik atau buatan.

Harga bahan asli lebih mahal dari bahan sintetik dan biaya perawatannya pun lebih mahal. Namun, biaya mahal ini terbayar dengan kualitas jok yang lembut, nyaman, adem, anti gores, dan tentunya terlihat istimewa. Mskipun bahan sintetik lebih murah dari yang asli, kemurahan ini tidak membuat bahan sintetik kalah dengan kualitas bahan asli. Sudah banyak beredar bahan sintetik dengan kualitas yang dapat menyerupai bahan asli. Selain itu jok kulit sintetik juga memiliki kelebihan yangyaitu perawatan yang lebih mudah dan banyaknya pilihan warna.

Jenis Pemasangan Jok Mobil

Selain jenis jok, tipe pemasangan jok juga harus dimengerti. Anda akan menemukan dua jenis pemasangan yaitu paten dan sarung. Pemasangan jok paten adalah pemasangan yang dilakukan dengan mengganti bahan pelapis jok dengan yang baru sedangkan yang lama dibuang atau bisa disimpan. Dengan memilih tipe paten, model dan jahitan jok bisa disesuaikan dengan keinginan. Selain itu, pemasangan paten akan lebih kuat sehingga lebih nyaman digunakan.

Tipe pemasangan yang kedua, yaitu sarung adalah memasangkan sarung jok baru yang cukup dengan disarungkan ke jok mobil yang lama. Pemasangan tipe sarung ini harus menyesuaikan dengan jok mobil yang lama sehingga tidak bisa mengganti model. Dipasaran, terdapat berbagai macam sarung jok yang diproduksi masal sehingga harganya menjadi murah. Namun, produksi masal ini biasanya menggunakan bahan berkualitas rendah.

Model Jok

Dalam hal tampilan jok mobil, harus dipertimbangkan model pada jok. Model standar adalah model yang paling mudah dan paling murah. Untuk tampilan berbeda, dapat dipilih model kerut, garson, sporti, dan lain sebagainya. Pemilihan model ini harus disesuaikan dengan ukuran ruang dalam mobil agar nyaman digunakan dan juga disesuaikan dengan tema desain interior. Untuk model-model khusus, tidak semua penjual jok mobil bisa membuatkan anda jok dengan model tersebut.

Pemilihan Warna Jok

Agar tampil lebih sporty dan segar, gunakan bahan pelapis yang memiliki motif kulit atau motif big dot. Namun, untuk motif tersebut sebaiknya mintalah saran pada tukang jok atau ahli dari distributor pelapis jok untuk disesuaikan dengan jenis mobil Anda, apakah citycar, sedan, MPV, atau SUV. Dalam hal pemilihan warna jok, warna-warna lain yang ada di dalam dan di luar mobil harus diperhatikan agar terjadi kesesuaian warna.

Selain itu kesesuaian warna jok dengan warna benang jahitan luar juga harus diperhatikan. Selain pemilihan warna senada, bisa juga dipilih warna yang kontras antara jok dengan benang agar lebih menarik perhatian mata. Dengan adanya kulit jok sintetik, warna-warna jok semakin beragam bahkan adapula jok yang memiliki motif khusus. Untuk membuat tampilan menarik, perpaduan dua warna atau lebih bisa dilakukan. Perpaduan dua warna biasanya dilakukan pada model jok sporti.

Pilih Pinggiran Jahitan

Untuk sentuhan akhir, double stich adalah jahitan luar yang paling umum digunakan atau bisa juga dipilih jenis jahitan lainnya. Untuk bagian pinggir jok, terdapat pilihan untuk menggunakan lis atau menggunakan selang. Sentuhan akhir ini sepertinya sangat sederhana, tetapi sangat berpengaruh pada tampilan akhir jok. Sebelum menentukan pilihan, mintalah penjual untuk memperlihatkan contoh atau gambar jok sehingga anda bisa tahu seperti apa kira-kira jok mobil anda nantinya.

Pilih Merek yang Berkualitas

Tidak ada salahnya memperhatikan merek ketika Anda berniat untuk membeli suatu barang, termasuk saat memilih sarung jok mobil. Usahakan pilihlah label produsen yang terkenal dan bonafit karena mempunyai produk yang benar-benar berkualitas. Cara yang paling mudah adalah melakukan survei kepada orang-orang di sekitar Anda. Coba tanyakan merek apa yang mereka sukai serta alasan-alasannya memilih merek cover jok tersebut atau Anda bisa mencari riview produk tersebut di internet.

Sesuaikan dengan Budget

Semakin ketatnya persaingan dalam bisnis sarung jok memaksa sebagian besar produsen untuk memberikan potongan harga guna menarik perhatian calon konsumen. Hanya saja Anda patut curiga apabila harga sebuah produk dibanderol jauh di bawah harga rata-rata, bisa jadi kualitas jok yang diberikan tidak sebanding dengan seharusnya. Selain itu, pemilihan cover ini pun perlu disesuaikan dengan besar anggaran yang tersedia. Jangan pernah memaksakan diri membeli sarung jok yang harganya sangat mahal.

Pilih Bahan yang Dilapisi Anti UV

Sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan pelapis jok yang ramah lingkungan, pastikan bahan yang Anda pilih memiliki lapisan pelindung ultra violet. Selain bermanfaat untuk melindungi jok supaya strukturnya awet dan warnanya tidak cepat rusak, bahan pelindung UV ini juga dapat menangkal hawa panas sehingga suhu udara di dalam kabin tetap terjaga.

Untuk mengecek apakah bahan cover jok dilapisi oleh pelindung UV ini atau tidak, Anda bisa menjemur sampel bahan tersebut selama 30 menit, lalu bawalah contoh bahan tadi ke dalam ruangan yang ber-AC. Jikalau suhunya berubah menjadi dingin dalam waktu 5 menit, berarti kualitasnya bagus.

Pakai Bahan yang Anti Air

Bahan yang anti air biasanya memiliki daya elastisitas yang baik. Artinya bahan tersebut lebih tahan terhadap tarikan dan guncangan sehingga tidak gampang retak ataupun sobek. Salah satu trik sederhana untuk mengetahuinya yaitu Anda bisa meremas-remas bahan tadi.

Bahan yang bagus tidak akan mengalami kusut maupun meninggalkan bekas karena lentur, tidak kaku, dan bentuknya cepat kembali ke semula. Bisa pula dengan meneteskan air ke permukaannya dan memeriksa adakah rembesan yang timbul dari balik sarung tersebut.

Pilih tukang pembuat jok yang terpercaya

Hal ini merupakan yang paling penting, konsumen disarankan memilih pembuat jok yang jujur, tepercaya, bonafid, dan memiliki standar kualitas pekerjaan yang baik. Mintalah rekomendasi kepada kerabat dekat atau mencari tempat yang sudah memiliki reputasi baik yang jual kulit jok mobil dengan toko offline atau online. Pemilihan ini bertujuan untuk menghindari diri penipuan atau oknum nakal yang tidak bertanggung jawab.

Jangan mudah tergiur harga murah

Sering kali toko dan pembuat jok mengiming-imingi bahan pelapis jok dengan harga murah, bahkan dengan merek yang sama sekali pun. Karena harga pelapis sudah memiliki nilai standar kemungkin harga bisa murah karena palsu atau adanya campuran pada bahan tersebut dari bahan kualitas pertama dengan kualitas rendah lainnya.

Untuk memastikan keaslian bahan tersebut, sebaiknya Anda memeriksa color swatch atau color sample satu product. Lihatlah bagian dasar atau belakang apakah terdapat logo sesuai merek yang diinginkan. Bila perlu mintalah jaminan keaslian kualitas dari toko atau tukang jok tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *